Header Ads

Produsen Kertas Indonesia Kuasai Pasar Kertas Fotokopi di Jepang


 Sebagai negara maju, Jepang dikenal memiliki standar yang tinggi dalam berbagai aspek, tak terkecuali dalam bidang perdagangan. Pasar Jepang yang kompetitif menuntut kualifikasi ketat yang harus dipenuhi para pelakunya.

Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, produsen pulp dan kertas asal Indonesia mampu menjawab tantangan tersebut. Bukan sekadar menembus pasar, APP yang menggunakan payung APP Jepang (APPJ) ini merupakan pemain utama dalam kertas fotokopi di Jepang.

Sejak tahun 2015, tercatat sekitar 25 persen pasar kertas fotokopi di Jepang dengan volume 300.000 ton per tahun dikuasai oleh APP. Ini belum termasuk kertas tisu, kertas cetak, kertas pembungkus, dan alat tulis kantor.

Secara keseluruhan, Jepang adalah pasar ekspor ketiga terbesar bagi APP dengan nilai penjualan 800 juta dollar AS per tahun atau setara dengan Rp 10,4 miliar (asumsi rupiah Rp 13.000 per dollar Amerika Serikat).

Untuk masuk ke Jepang, APP menggandeng Askul sebagai mitra distributor asal negeri matahari terbit. Jaringan distribusi Askul telah menjangkau ke seluruh pelosok negeri Jepang.

Bukan tanpa kendala, isu pengelolaan hutan sempat menaungi APP. Askul mengaku mendapat tekanan dari LSM untuk mempertimbangkan aspek lingkungan.

"Pada saat yang sama, Askul harus membeli kertas fotokopi," ujar Vice Executive Officer CSR & General Affairs Askul Corporation, Kamei dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas.com, Rabu (14/12/2016).

Askul juga kata Kamei turut berperan aktif dalam menangani isu lingkungan ini. Sejak tahun 2008, mereka membuat program untuk setiap penjualan satu boks kertas fotokopi ditukar dengan penanaman dua pohon di Indonesia.

Pada akhirnya isu lingkungan terbukti tidak menggoyahkan konsumen di Jepang. Kamei menjelaskan, tahun lalu penjualan Askul berkisar 315 miliar yen.

"Tahun ini, penjualan mereka diperkirakan mencapai 345 miliar yen. Pasarnya sendiri mengalami pertumbuhan 5 persen per tahun," pungkasnya.

No comments

Powered by Blogger.